Kita Tidak Pernah Sendiri

“It’s not your problem!” atau “Ini bukan urusan elo”. Kalimat yang sering aku lontarkan, demi mencegah merasuknya opini orang lain, saat aku mengambil keputusan. Yes, sering. Bahkan terlalu sering. Sejak aku masih kanak-kanak.

 

Aku tidak pernah peduli dengan maksud baik yang tersirat dari opini itu. Pokoknya setiap keputusan yang aku ambil harus steril dari opini orang lain. Aku ingin membuktikan jika aku cukup matang dan punya kapabilitas untuk mengambil keputusan secara mandiri. Berani menanggung risiko dari setiap keputusan itu. Seberat apa pun itu.

 

Masa kecilku yang jauh dari indah, membentukku menjadi orang yang keras kepala dan tidak peka pada perasaan orang lain. Segala sesuatu aku putuskan sendiri dan kerjakan sendiri. Terlalu biasa dicela dan gagal. Terlalu biasa mencari solusi sendiri. “Hidup matiku ada di tanganku sendiri. Jadi pergilah jauh-jauh,” itu pendirianku.

 

Lalu, hari itu datang. Hari di mana aku gagal. Hancur dan kehilangan akal untuk bangkit. Kemandirian yang aku banggakan itu hilang seketika. Aku cuma diam. Bukan karena tenang, tapi untuk menutup diri agar terlihat tegar.

Hingga kemudian seorang sahabat menyapaku dan berkata. “Terkadang kita harus berhenti sejenak dan memandang sekeliling, sebelum melangkah lagi”. Sederhana tapi dalam maknanya.

 

Yup, mungkin aku memang harus berhenti sejenak dan memandang dunia di sekitarku. Dan aku menemukan bahwa aku ternyata tidak pernah sendiri. Mereka yang tidak pernah aku pedulikan ternyata tetap memerhatikanku dan mengulurkan tangannya. Tanpa kuminta. Tanpa banyak cakap.

 

Berkat mereka aku bertahan. Menemukan kembali hidup yang sempat sayup. Sejak hari itu, aku berkomitmen; tidak akan pernah meninggalkan mereka yang dekat denganku, menjaga setiap orang yang ada di dalam lingkaran kecil kehidupanku.

 

*Diambil dari catatan harianku, 3 Maret 2004

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s